Skripsi
ANALISIS STRATEGI BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) SM MWC NU PANGKAH DALAM MEMASARKAN JASA PINJAMAN PADA USAHA MIKRO SEMBAKO DI KABUPATEN TEGAL
FAHMI, AJID RIZAL. 2017. Judul Skripsi “Analisis Strategi BMT SM MWC NU Pangkah Dalam Memasarkan Jasa Pinjaman Pada Usaha Mikro Sembako di Kabupaten Tegal”.
Pembimbing I. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr, M.M
Pembimbing II. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Jasa Pinjaman BMT.
Penelitian ini yaitu Analisis Strategi BMT SM MWC NU Pangkah dalam Memasarkan Jasa Pinjaman pada Usaha Mikro Sembako di Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi BMT dalam Memasarkan Jasa Pinjaman dan mengetahui Produk Pinjaman apa saja yang ada di BMT SM MWC NU Pangkah.
Subjek penelitian adalah BMT SM MWC NU Pangkah, bertempat di Jalan Raya Pangkah No. 455. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil analisis, didapatkan bahwa ada strategi yang dilakukan oleh BMT SM MWC NU Pangkah antara lain, memantapkan pemahaman, strategi pelayanan, strategi tempat, dan promosi. Adapun jenis produk pinjaman yang ada di BMT SM MWC NU Pangkah antara lain, Mudharabah, Murabahah, Musyarokah, Ba’i Bittaman Ajil, masing – masing produk mempunyai karakteristik yaitu, menggunakan tempoan ( 3 bulan), menggunakan mingguan dan ada yang menggunakan bulanan. Semua jasa pinjaman tersebut tidak dikenakan bunga akan tetapi menggunakan sistem bagi hasil.
Berdasarkan hasil penelitian maka dalam mengembangkan strategi pemasaran pinjaman BMT SM MWC NU Pangkah disarankan, perlu adanya strategi pemasaran yang efektif dan efisien dengan berorientasi pada zaman yang modern, dan untuk kemajuan BMT maka produk jasa pinjaman yang ada di BMT SM MWC NU Pangkah perlu ditambahkan, agar nasabah bisa memilih dan menggunakan produk yang sesuai kemampuannya.
1313500038 | FAH a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain