Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA GURU MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Pokok Se
ZAZULI, IQBAL. 2017, “Keefektifan Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Pendekatan Induktif Terhadap Persepsi Peserta Didik Pada Guru Matematika Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Pokok Segi Empat)” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W.,M.Pd
Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si.,M.Pd
Kata kunci : Keefektifan, Model Open Ended, Pendekatan Induktif, Persepsi Peserta Didik, Prestasi Belajar, Matematika.
Keefektifan merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target telah tercapai. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, maka makin tinggi efektifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)prestasi belajar matematika yang diajarkan model pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif telah mencapai target, (2)model pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap persepsi peserta didik pada guru matematika maupun prestasi belajar matematika, (3)adanya perbedaan prestasi peserta didik pada guru matematika dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif dan pembelajaran konvensional, (4)model pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap persepsi peserta didik pada guru matematika dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 329 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan τ^2-Hotteling.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1)prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif telah mencapai target, (2)model pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap persepsi peserta didik pada guru matematika maupun prestasi belajar matematika, (3)ada perbedaan persepsi peserta didik pada guru matematika dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan medel pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, (4)model pembelajaran open ended berbasis pendekatan induktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap persepsi peserta didik pada guru matematika dan prestasi belajar matematika kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok segi empat.
17135000310 | ZAZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain