Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 Pokok Bahasan Segi Empat)
BAWAZIR, MAHBUB. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika(Studi Penelitian Pada Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 Pokok Bahasan Segi Empat)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M. Pd.,
Pembimbing II Moh Shaefur Rokhman, M. Si,
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Penelitian pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kramat bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran snowball throwing yang nilainya diatas 60 melampaui 75%, 2) Ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional, 3) Motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal 2016/2017 yang terdiri atas 326 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri atas 181 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah (1) uji proporsi pada hipotesis 1, (2) uji manova one-way pada hipotesis 2, (3) uji τ2 – Hotelling pada hipotesis 3. Dimana sebelumnya data berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran snowball throwing yang nilainya diatas 60 melampaui 75%, 2) Ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional, 3) Motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model konvensional.
17135001230 | BAW k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain