Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)
PRASETYO, MUHAMMAD AGUNG DWI. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division berbantu Media Pembelajaran terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Matematika pada Materi Aturan Sinus, Aturan Kosinus, dan Luas Segitiga Kelas X Semester II SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si.
Kata kunci : keefektifan, Student Team Achivement Division, media pembelajaran, keaktifan, prestasi belajar.
Pembelajaran yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Tegal yang masih berpusat pada guru menyebabkan keaktifan peserta didik (siswa) kurang dan prestasi belajar matematika yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran telah mencapai target (2)model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar peserta didik. (3)model STAD berbantu media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvesional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. (4)ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (5)model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi penelitian ini peserta didik kelas X-MIA. Pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen menggunakan model pe lajaran STAD, 2 kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensio an 1 kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi es. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t, uji manova, dan uji Hotelling.
Hasil penelitian m atakan bahwa bahwa: (1)prestasi belajar matematika
peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran mencapai target (2)model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar peserta didik. (3)model STAD berbantu media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvesional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. (4)ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (5)model pembelajaran STAD berbantu media pembelajaran lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik.
17135001330 | PRA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain