Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA (Studi Penelitian untuk Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)
ALGHUFRON, IBNU RIZAL. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika (Suatu Penelitian untuk Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar pada Peserta Didik di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II Mohammad Saefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : pembelajaran reciprocal teaching, prestasi belajar matematika, kemampuan berfikir kreatif matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) kemampuan berfikir kreatif matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (3) ada perbedaan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kreatif matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori (4) ada pengarauh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar dan kemampuan berfikir kreatif matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 5 kelas yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan, manova, dan Uji τ^2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) kemampuan berfikir kreatif matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (3) ada perbedaan prestasi belajar dan kemampuan berfikir kreatif matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaan Reciprocal Teaching dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (4) ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar dan kemampuan berfikir kreatif matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Kedungbanteng tahun pelajaran 2016/2017.
17135000500 | ALG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain