Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBATU ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap di MA Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017
AMIN, ZAQIIN. 2017. Keefektifitan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap MA Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd., Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning, Alat Peraga, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan : (1)mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajarkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga telah mencapai nilai KKM (2)mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori (3)mengetahui apakah prestasi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji one way anova (analisis ragam satu arah) dan uji t pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga telah mencapai nilai KKM. (2) ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori. (3)model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantu Alat Peraga lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika.
17135000920 | AMI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain