Skripsi
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BISNIS RETAIL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DENGAN METODE ANALISIS SWOT DI SUPERINDO DEBE MALL KOTA TEGAL
Roikhatul Janah.Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Retail untuk Meningkatkan Daya Saing Dengan Metode Analisis SWOT Di Superindo Debe Mall Kota Tegal.Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2017.
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk menganalisis posisi Superindo Debe Mall dengan metode analisis SWOT ? 2). Untuk menganalisis strategi bisnis Superindo Debe Mall dalam meningkatkan daya saing dengan metode analisis SWOT ?
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah tahap pengumpulan data (evaluasi faktor eksternal dan internal), Tahap analisis (Matriks SWOT, Matriks Internal Eksternal).
BerdasarkanKekuatan yang dimiliki Superindo Debe Mall adalah lokasi yang strategis, sistem seleksi karyawan dan struktur organisasi yang baik, strategi harga yang efektif dan bersaing, memiliki citra yang baik dan produk pada divisi fresh yang lengkap.Kelemahan yang dimiliki Superindo Debe Mall adalah penentuan strategi penjualan ditentukan dari pusat, penentuan jumlah karyawan harus dari pusat, pencahayaan toko kurang, penataan barang yang kurang baik dan kurang efektifnya kegiatan promosi.Peluangyang dimiliki Superindo Debe Mall adalah perkembangan bisnis eceran, perubahan pola dan gaya hidup masyrakat, hubungan baik dengan pemasok, kemajuan teknologi informasi dan jumlah penduduk yang terus meningkat. Ancaman yang dimiliki Superindo Debe Mall adalah strategi promosi pesaing, pesaing berskala nasional, menjamurnya bisnis eceran di daerah pemukiman, loyalitas konsumen terhadap pesaing dan ancaman produk substitusi.Dari hasil pemberian peringkat (rating) hasil identifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai faktor strategis internal diperoleh nilai sebesar untuk kekuatan sebesar 2,890 sedangkan untuk kelemahan sebesar 2,747 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemberian peringkat (rating) hasil identifikasi peluang dan ancaman sebagai faktor strategis eksternal diperoleh nilai peluang sebesar 2,762 sedangkan untuk ancaman diperoleh nilai sebesar 2,562 dengan kriteria sedang.
Kata Kunci : kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman
41135000980 | JAN a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain