Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PENYEWAAN TARUB GM SOUND SYSTEM PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Muhamad Fadli Mukhlis. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Kota Tegal. 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualutas pelayanan, harga, dan diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing pada penyewaan tarub gm sound system pangkah baik secara parsial maupun simultan. Sedangkan hipotesis dari penelitian ini adalah diduga terdapat pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing pada penyewaaan tarub gm sound system pangkah baik secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kuesioner. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan teknik insidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil perhitungan regresi berganda variabel Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 0,534 dapat diartikan jika variabel Kualitas Pelayanan naik sebesar satu-satuan maka nilai keunggulan bersaing (Y) akan naik sebesar 0,534, dengan asumsi variabel bebas yang lain dari model regresi adalah tetap atau constant. Hasil perhitungan uji t didapat hasil untuk variabel kualitas pelayanan nilai sig = 0,000 < 0,05 Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu secara parsial Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Keunggulan Bersaing. Hasil perhitungan regresi berganda variabel Harga (X2) sebesar 0,431 dapat diartikan jika variabel Harga naik sebesar satu-satuan maka nilai Keunggulan Bersaing (Y) akan naik sebesar 0,431, dengan asumsi variabel bebas yang lain dari model regresi adalah tetap atau constant. Perhitungan uji t didapat hasil untuk variabel harga nilai sig = 0,000 < 0,05 Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu secara parsial Harga memiliki pengaruh terhadap Keunggulan Bersaing. Hasil regresi berganda variabel Diferensiasi Produk (X3) 0,128 dapat diartikan jika variabel Diferensiasi Produk naik sebesar satu-satuan maka nilai Keunggulan Bersaing (Y) akan naik sebesar 0,128, dengan asumsi variabel bebas yang lain dari model regresi adalah tetap atau constant. perhitungan uji t didapat hasil untuk variabel diferensiasi produk nilai sig 0,205 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yaitu secara parsial Diferensiasi Produk tidak memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap Keunggulan Bersaing. Hasil perhitungan regresi berganda Nilai constant sebesar -3,958 berarti jika nilai Kualitas Pelayanan, Harga, dan Diferensiasi Produk masing-masing bernilai nol maka nilai Keunggulan bersaing adalah sebesar -3,958. Hasil perhitungan uji simultan (uji F) didapat nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan, Harga, dan Diferensiasi Produk berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Keunggulan Bersaing. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,515. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel kualitas pelayanan, harga, dan diferensiasi produk terhadap kenggulan bersaing sebesar 51,5% sedangkan 48,5% disebabkan oleh faktor lain yang tidak bisa dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, diferensiasi produk, dan keunggulan bersaing
41135000400 | MUK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain