Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Pokok bahasan Segi Empat Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar.
Tingkat keaktifan belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai nilai KKM . Salah satu model pembelajaran yang memberikan peluang bagi peserta didik untuk mengembangkan keaktifan dan prestasi belajar adalah model pembelajaran Problem based learning.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan begitu juga prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, 4) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal 2016/2017 yang terdiri atas 328 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 142 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Instrumen pengamatan dalam bentuk lembar pengamatandantes prestasi dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, Analisis varian multivariate satu arah, dan dilanjutkan uji τ2-Hotelling.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan begitu juga prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaranProblem Based Learning dengan pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, 4) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model konvensional.
17135000400 | MUA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain