Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Tarub Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Lingkaran)
Kata Kunci:keefektifan model Demonstrasi, Numbered Head Together(NHT), prestasi belajar matematika, kemampuan awal
Keefektifan adalah keberhasilan dalam pengajaran serta proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dan model NHT memenuhi target KKM pada materi pokok lingkaran, 2) ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi, model pembelajaran NHT dan peserta didik yang model konvensional, 3) ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi, model NHT dan model konvensional ditinjau dari kemampuan awal, 4) manakah pembelajaran yang paling efektif antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi, model NHT dan model konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pesertadidik kelas VIII SMP Negeri 2 Tarub Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 304 peserta didik yang terbagi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling diambil empat kelas. Kelas VIII G sebagai kelas uji coba, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 (Demonstrasi), kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 2 (NHT), kelas VIII F sebagai kelas kontrol (Konvesional). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, maka analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, Uji RAK dan uji Benferoni.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi dan model NHT memenuhi target KKM pada materi pokok lingkaran, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi, model NHT, dan model konvesional, (3) ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi, model NHT dan model konvensional ditinjau dari kemampuan awal. (4) model Demonstrasi, model NHT dan konvensional mempunyai kemampuan prestasi belajar matematika yang sama.
17135000630 | PRI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain