Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Dukuhwaru Materi Pokok Ruang Dimensi
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Media Aplikasi GeoGebra, Keaktifan Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika, Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan peserta didik yang berdampak pada keaktifan belajar peserta didik yang kurang aktif dan menyebabkan pada prestasi matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan : (1)membuktikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika pada peserta didik. (2)membuktikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik. (3)membuktikan ada perbedaan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada peserta didik. (4)membuktikan keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika pada peserta didik. (2)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik. (3)Ada perbedaan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada peserta didik. (4)Keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
17135000810 | ELI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain