Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Suatu Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Materi Pokok Lingkaran di SMP Negeri 2 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017
Kata Kunci : model pembelajaran course review horray, pendekatan keterampilan proses, minat belajar, prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan setelah diajar dengan model pembelajaran course review horray dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika (2) mengetahui apakah model pembelajaran course review horray dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample atau sampel bertujuan. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji t pihak kanan, uji manova one way (analisis varian multivariat) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)model pembelajaran course review horray dengan pendekatan keterampilan proses lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika (2)model pembelajaran course review horray dengan pendekatan keterampilan proses lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika (3)ada perbedaan yang signifikan setelah diajar dengan model pembelajaran course review horray dengan pendekatan keterampilan proses dan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika (4)model pembelajaran course review horray dengan pendekatan keterampilan proses lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika
17135000890 | AMA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain