Skripsi
PENGARUH STATUS EKONOMI KELUARGA DAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri Se-Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017)
Kata Kunci : Status Ekonomi Keluarga, Gender, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Kota Tegal, SMA Negeri 2 Kota Tegal, SMA Negeri 3 Kota Tegal, SMA Negeri 4 Kota Tegal dan SMA Negeri 5 Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh status ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh gender terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) pengaruh status ekonomi keluarga dan gender terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Negeri se-Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 1300 peserta didik dari lima SMA Negeri. Sebagai sampel penelitian ini sebanyak 275 peserta didik yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh status ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017, yaitu sebesar 17,88%, (2) ada pengaruh gender terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017, yaitu sebesar 30,79%, dan (3) ada pengaruh status ekonomi keluarga dan gender terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri se-Kota Tegal tahun ajaran 2016/2017, yaitu sebesar 12,36%.
17135000460 | WIJ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain