Skripsi
EFEKTIFITAS METODE RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Warureja Pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2016/2017)
Kata Kunci: Metode resource based learning, motivasi siswa, prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Resource Based Learning dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional kelas VIII semester genap SMP Negeri Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2016/2017. (2)apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang diajar dengan menggunakan metode Resource Based Learning lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional kelas VIII semester genap SMP Negeri Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi rendah yang diajar dengan menggunakan metode Resource Based Learning tidak lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional kelas VIII semester genap SMP Negeri Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II SMP 2 Warureja Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 284 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan yang telah memenuhi uji prasyarat yaitu normalitas dengan lilliefors dan homogenitas dengan uji Bartlett.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode Resource Based Learning dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. (2)Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang diajar dengan menggunakan metode Resource Based Learning lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3)Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi rendah yang diajar dengan menggunakan metode Resource Based Learning lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
17105000300 | DAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain