Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEPATUHAN TATA TERTIB SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI PTBK KELAS XI IPS)
Kata Kunci : Kepatuhan Tata Tertib Sekolah, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Role Playing
Kepatuhan tata tertib peserta didik di sekolah merupakan ketentuan yang berupaya mengatur perilaku dan sikap peserta didik agar disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas di sekolah, patuh dan taat terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Di harapkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing yang merupakan salah satu pendekatan untuk dapat meningkatkan kepatuhan tata tertib peserta didik melalui interaksi antar anggota kelompok lainnya. Masalah yang ada layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing untuk meningkatkan kepatuhan tata tertib pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Tujuan peneliti 1. Untuk mengetahui tingkat kepatuhan tata tertib peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Untuk mengetahui hasil aktivitas layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing dalam meningkatkan kepatuhan tata tertib peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. 3. Untuk mengetahui peran pelaksanaan PTBK dalam layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing terhadap kepatuhan tata tertib peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini di rancang menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdapat (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada siklus I melalui 2 pertemuan memperoleh rata-rata 73%, sedangkan pada siklus II melalui 2 pertemuan memperoleh rata-rata 81%, ini artinya ada peningkatan dan melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan.
Saran yang disampaikan sekolah selalu mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling dan dapat memasukan metode role playing dalam layanan yang di berikan kepada peserta didik, dan diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing terhadap penanganan masalah peserta didiknya.
11135001180 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain