Skripsi
PENGARUH KONSELING INDIVIDU MELALUI MEDIA FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Pengaruh, konseling individu, facebook, dan prestasi belajar.
Peserta didik dihadapkan kepada berbagai macam persoalan yang timbul akibat dinamika masyarakat modern. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa persoalan yang mereka hadapi berdampak terhadap hasil belajar mereka di sekolah. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi merupakan bagian dari proses pembelajaran mereka sehingga prestasi belajar peserta didik kurang maksimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) konseling individu melalui media facebook pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan konseling individu melalui media facebook terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian sebanyak 298 peserta didik dengan sampel 20 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konseling individu melalui media facebook pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 mayoritas tergolong dalam sedang, terlihat dari frekuensi tertinggi pada interval skor 101-108 sebanyak 9 peserta didik. 2) Tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 mayoritas tergolong dalam sedang, terlihat dari frekuensi tertinggi pada nilai rata-rata ulangan harian berada pada interval 75-76 sebanyak 8 peserta didik. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan konseling individu melalui media facebook terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, terbukti dari hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,568 lebih besar dari rtabel = 0,444, yang berarti ada pengaruh variabel X terhadap variabel X. Hasil uji signifikan diperoleh thitung = 2,928 lebih besar dari ttabel = 2,101 yang artinya pengaruh variabel X terhadap Y positif dan signifikan.
Saran penulis diharapkan guru pembimbing tidak perlu harus memanggil atau bertatap muka dalam melakukan layanan konseling individu tetapi cukup dengan HP atau komputer dengan akses internet media facebook dapat dilakukan layanan konseling individu. Sedang untuk peserta didik diharapkan tidak hanya memanfaatkan media facebook untuk hal-hal yang negatif. Alangkah lebih baiknya memanfaatkan media facebook untuk berkonsultasi dengan guru pembimbing mengenai masalah yang sedang dihadapinya
11105001030 | NUG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain