Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN HP YANG TIDAK PROPORSIONAL TERHADAP KONSENTRASI PESERTA DIDIK SAAT PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS XI SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Penggunaan HP dan Konsentrasi peserta didik
Peserta didik menggunakan HP sebagai media informasi dan komunikasi, secara tidak proporsional. Kususnya saat belajar mengajar, mendengarkan musik menggunakan handsate, selfie dengan teman – teman di kelas. Sehingga peserta didik tidak dapat memfokuskan pikiran pada pelajaran
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1)penggunaan HP peserta didik, 2) konsentrasi yang terganggu, 3 ) ada tidaknya pengaruh antara penggunaan HP yang tidak proporsional terhadap konsentrasi peserta didik saat proses belajar mengajar kelas XI SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populas 186 peserta didik, jumlah 26 peserta didik, Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik Cluster quota random sampling yaitu dengan cara undian (random). Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas item menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji relibilitas rumus Spearman – brownkorelasi pearson product moment,analisis deskriptif prosentase, dan uji hipotesis rumus korelasi product moment.
Sesuai dengan tujuan yang telah disampaikan ada beberapa simpulan penggunaan HP perlu diberikan aturan dibuktikan dengan hasil prhitungan deskriptif prentase 34,37% (kriteria kurang), Konsentrasi peserta didik saat belajar mengajar terganggu terbukti dengan perhitungan deskriftif presentas 34,37% (kriteria kurang).
Berdasarkan hasil perhitungan analisis statatistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,437 dan setelah dikonsultasikan pada r tabel untuk n = 32 taraf signifikan 5 % diperoleh r tabel = 0,349 maka rxy> r tabel atau 0,437 > 0,349. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan HP yang tidak proporsional terhadap konsentrasi peserta didik saat proses belajar mengajar kelas XI SMA Al Irsyad Tahun Pelajaran 2016/2017
Disarankan pihak sekolah lebih memperhatikan peserta didik yang terlalu sering menggunakan HP, mengadakan razia tas, serta memberikan metode pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik untuk memperhatiakan materi pelajaran yang diberikan.
11135001450 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain