Skripsi
PENGARUH LAYANAN INFORMASI BERPENDEKATAN ICE BREKING TERHADAP MENGURANGI PENGGUNAAN FACEBOOK YANG MENGANDUNG BULLYING VERBAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Layanan Informsi Berpendekatan Ice Breaking, Penggunaan Facebook yang Mengandung Bullying Verbal.
Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya peserta didik yang tidak memanfaatkan dengan baik pesatnya perkembangan teknologi terutama situs jaringan sosial (facebook). Dari pengamatan guru BK dan peneliti bahwa masih banyak peserta didik yang menggunakan facebook untuk sarana bullying verbal temannya sehingga terjadinya hubungan tidak harmonis antar teman.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui tingkat penggunaan facebook yang mengandung bullying verbal sebelum diberikan layanan informasi berpendekatan ice breaking pada peserta didik kelas X SMK Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, 2). Untuk mengetahui tingkat penggunaan facebook yang mengandung bullying verbal setelah diberikan layanan informasi berpendekatan ice breaking pada peserta didik kelas X SMK Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, 3). Untuk mengetahui pengaruh layanan informasi berpendekatan ice breaking dapat menurunkan tingkat penggunaan facebook yang mengandung bullying verbal peserta didik kelas X SMK Al-irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi sebanyak 25 peserta didik. Uji validitas digunakan korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus Sperman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan Uji t-test.
Hasil penelitian menunjukan: 1). Tingkat penggunaan facebook yang mengandung bullying verbal sebelum diberikan layanan informasi berpendekatan ice breaking tergolong dalam kategori tinggi, terlihat dari analisis deskriptif menghasilkan frekuensi tinggi pada interval 136-141 yaitu sebanyak 7 peserta didik dengan persentase 28%, 2). Penggunaan facebook yang mengandung bullying verbal setelah diberikan layanan informasi berpendekatan ice breaking tergolong dalam kategori rendah, terlihat dari analisis deskriptif menghasilkan frekuensi rendah pada interval 121-126 sebanyak 4 peserta didik dengan persentase 16%. 3). Adanya pengaruh layanan informasi berpendekatan ice breaking terhadap mengurangi facebook yang mengandung bullying verbal pada peserta didik kelas X SMK Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajran 2016/2017, dilihat dari hasil perhiungan uji t-test diperoleh 6,341>2,063.
Guru pembimbing diharapkan dalam menyelenggarakan layanan informasi berpendekatan ice breaking lebih ditingkatkan lagi agar penggunaan facebook dikalang pelajar lebih menggetahui manfaat facebook itu sendiri.
11135000620 | PUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain