Skripsi
EFEKTIFITASKONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONALUNTUK MENGURANGI HAMBATAN BELAJAR (LEARNING BARRIER) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA RINGAN) TINGKAT SMP SLB MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGALTAHUN PELAJARAN2016/2017
Kata Kunci: Konseling Kelompok Berpendekatan Analisis Transaksional, Hambatan Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan dalam belajar yang tergolong tinggi, hal ini disebabkan anak berkebutuhan khusus terutama anak tunagrahita ringan memiliki hambatan-hambatan dalam belajar
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui 1) Tingkat hambatan belajar pada anak tunagrahita ringan sebelum diberikan konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional, 2) Tingkat hambatan belajar pada anak tunagrahita ringan sesudah diberikan konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional, 3) Efektifitas konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional untuk mengurangi hambatan belajar pada anak tunagrahita ringan tingkat SMP SLB Manunggal Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian 13 peserta didik menunjukan hambatan belajar anak tunagrahita ringan , dengan sampel sebanyak 13 peserta didik diambil menggunakan teknik total sampling, data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Person dan uji reliabilitas digunakan belah dua dari spearman brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik uji –t.
Hasil penelitian menunjukan 1) Tingkat hambatan belajar pada anak tunagrahita ringan sebelum diberikan konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional dalam kategori tinggi (46,%), 2) Tingkat hambatan belajar pada anak tunagrahita ringan sebelum diberikan konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional dalam keadaan kategori tinggi (38,%), 3) Ada efektifitas konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional untuk mengurangi hambatan belajar pada anak tunagrahita ringan tingkat SMP SLB Manunggal Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Terbukti dari hasil analisis statistik uji-t , diperoleh nilai thitung = 6,7886 dengan ttabel = 2,179. Karena thitung>ttabel atau 6,7886>2,179, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Saran dari penulis diharapkan guru pembimbing dapat meningkatkan layanan konseling kelompok berpendekatan analisis transaksional dan dapat menerapkan pendekatan analisis transaksional dengan baik agar berjalan dengan maksimal untuk mengurangi hambatan belajar peserta didik.
11135001000 | HEN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain