Skripsi
HUBUNGAN PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DENGAN PROFESIONALISME GURU DI MTs TERPADU DARUL MUTTAQIN BUKATEJA BALAPULANG TEGAL
Kata Kunci : Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dengan Profesionalisme Guru
Perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 mengalami banyak perubahan termasuk standar penilaian. Dalam pelaksanaannya masih banyak guru dalam proses belajar mengajar masih terfokus pada aspek kognitif atau pengetahuan. Padahal kurikulum 2013 dengan penilaian autentik guru dituntut untuk memahami dan menyampaikan pembelajaran dari tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penilaian autentik dengan profesionalisme guru terhadap mata pelajaran PPKn di MTs Terpadu Darul Muttaqin Kabupaten Tegal.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif prosentase dengan variabel penelitian hubungan penerapan penilaian autentik pada kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PPKn kelas VII dengan profesionalisme guru di MTs Terpadu Darul Muttaqin Bukateja Balapulang Tegal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Metode analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif yaitu angka-angka hasil perhitungan diproses dengan cara : dijumlahkan, dibandingkan, dan diperoleh prosentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan penilaian autentik di MTs Terpadu Darul Muttaqin Kabupaten Tegal cukup baik dan hanya beberapa ciri yang belum diterapkan dalam pembelajaran. Hasil ini dikuatkan dari hasil angket atau kuesioner yang menunjukan bahwa penerapan penilaian autentik sudah cukup baik yaitu dengan prosentase sebesar 66%. Kesimpulan : Dari ciri-ciri penilaian autentik guru hanya belum menerapkan beberapa ciri saja tetapi hasil angket memperoleh prosentase 66% yang berarti guru sudah cukup baik dalam penerapannya, meskipun masih ada hambatan atau kendala. Saran untuk guru harus menerapkan penilaian autentik yang belum diterapkan. Bagi siswa dengan penerapan penilaian autentik di harapkan hasil pembelajaran menjadi lebih baik lagi.
12115000220 | PUR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain