Skripsi
PEMAHAMAN MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN MELALUI PEMBELAJARAN PKn DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERAGAMA ANTAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK PIUS KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : PKn,Toleransi,Agama
Penelitian ini dilatarbelakangi seringnya perbedaan agama menjadi salah satunya penyebab munculnya konflik, melalui pemahaman materi persamaan kedudukan warga negara memungkinkan peserta didik mengerti pentingnya sikap toleransi beragama ketika berbaur dengan peserta didik lain yang berbeda keyakinan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data diantaranya teknik angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan jumlah sampel sebesar 39 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji keberartian dan uji linieritas. Untuk menguji hipotesis maka digunakan uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi sehingga besarnya pengaruh antar dua variabel dapat ditemukan.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk variabel X diperoleh rata-rata sebesar (74,47) sedangkan untuk variabel Y sebesar (73,60). Sedangkan uji regresi linier sederhana menunjukkan pengaruh sebesar (73,76) yang artinya jika nilai pemahaman materi naik (1) maka sikap toleransi beragama akan bertambah sebesar (0,12), sedangkan berdasarkan perhitungan uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pemahaman materi (variabel X) memberikan pengaruh terhadap sikap toleransi beragama (variabel Y) sebesar 11 %.
Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan diantaranya (1) Pencapaian pemahaman materi persamaan kedudukan warga negara cukup baik (2) Peserta didik sudah mencerminkan sikap toleransi beragama dengan cukup baik (3) Pemahaman materi persamaan kedudukan warga negara ternyata memberikan pengaruh terhadap sikap toleransi beragama antar peserta didik. Dalam penelitian ini ada beberapa saran yang perlu diperhatian diantaranya (1) Bagi guru untuk selalu mengingatkan pentingnya nilai karakter terhadap peserta didik (2) Bagi peserta didik untuk selalu meningkatkan prestasinya (3) Bagi penelitian selanjutnya agar mancari variabel lain yang dapat memberikan pengaruh terhadap sikap toleransi beragama.
12135000080 | FIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain