Skripsi
HUBUNGAN PEMBELAJARAN PPKN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK SATYA PRAJA 2 PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Motivasi.
Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru PPKntentang Pendidikan Karakter merupakan salah satu fokus untuk memberikan nilai-nilai karakter pada peserta didik, agar dapat memperbaiki moral dan meningkatkan motivasi dalam belajar.Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pembelajaran guru PPKn tentang pendidikan karakter, guru dalam memberikan motivasi belajar, dan seberapa besar hubungan pembelajaran Guru PPKn tentang Pendidikan Karakter terhadap motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 441 peserta didik, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 peserta didik. Pengambilan sampel dengan teknik dispropotionale stratified random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan angket,observasi, dan dokumentasi. Uji Validitas menggunakan Product Moment dan uji Reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach sedangkan analisis data dilakukan dengan rumus korelasi dan nilai signifikansi korelasi.
Dari analisis data menunjukan hasil dalam kategori kuat berdasarkan dari korelasi product moment diperoleh 0,609 kemudian dikonsultasikan pada rtabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,220.Hal ini menunjukan bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,609 > 0,220, berarti ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran guru PPKn tentang pendidikan karakter terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Peneliti menyimpulkan, berdasarkan kuesioner pada pembelajaran guru PPKn tentang pendidikan karakter terhadap motivasi belajar peserta didik dapat dinyatakan baik sesuai dengan hasil persentase yang diperoleh, serta mempunyai hubungan yang kuat dari pembelajaran yang diberikan oleh guru PPKn pada motivasi belajar peserta didik. Dari penelitian ini peneliti memberikan saran agar dapat bermanfaat baik bagi guru PPKn ataupun guru mata pelajaran yang lainnya dalam memberikan pendidikan karakter pada peserta didik serta meningkatkan motivasi belajar untuk peserta didik, kemudian terbentuknya karakter baik dan semangat belajar yang lebih baik lagi, selain itu penelitian ini agar menjadi acuan bagi guru.
12135000140 | TAI h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain