Skripsi
EFEKTIVITAS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKN (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017)
Kata Kunci : efektivitas, jigsaw, prestasi belajar
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Ulujami terutama dalam pelajaran PPKn masih rendah, peserta didik kebanyakan hanya pasif saat pelajaran, hanya mendengarkan ceramah guru saja. Pembelajaran hendaknya dirumuskan memberikan semangat giat belajar bagi peserta didik guna meningkatkan potensi yang dimilikinya. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat menyajikan suasana yang menyenangkan,sehingga peserta didik diharapkan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan apakah efektif model pembelajaran tipe jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik PPKn.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel sebanyak 2 kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2 kelas kontrol yang menggunakan model pembbelajaran konvensional dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi. Teknik analisis data yang digunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran koopertif tipe jigsaw lebih efektif daripada yang dengan model pembelajaran konvensional. (2) ada perbedaan prestasi belajar PPKn peserta didik yang menggunakan model pembbelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif terhadap prestasi belajar PPKn.
12135000100 | NUR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain