Skripsi
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA N 01 KERSANA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Keaktifan Peserta Didik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw, mengetahui keaktifan belajar PKn peserta didik, untuk mengetahui apakah model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X SMA N 01 Kersana Tahun 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 01 Kersana Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 351 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 35%, teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Sajian Data, dan Simpulan /Verikasi Data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan peserta didik kelas X SMA N 01 Kersana masih kurang karena peserta didik merasa kegiatan pembelajaran bersifat monoton. (2) Penerapan model kooperatif tipe jigsaw sangat disetujui jika diterapkan di SMA N 01 Kersana. (3) Penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan peserta didik khususnya dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik, hendaknya peserta didik lebih bisa memahami materi yang disampaikan baik dalam pembelajaran PKn maupun kegiatan pembelajaran lainnya. Pihak guru disarankan, agar mampu mengelola kelas agar kegiatan pembelajaran tidak monoton. Guru pendidikan Kewarganegaraan lebih kreatif dalam menyampaikan materi agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan, dan guru pendidikan kewarganegaraan diharapkan agar bisa memilih model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.
12135000430 | SAL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain