Skripsi
CAMPUR KODE DALAM KUMPULAN CERPEN SOETJI MENULIS DI BALIK PAPAN TULIS KARYA SN. RATMANA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : campur kode, wujud, implikasi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan wujud campur kode dalam Kumpulan cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis karya SN. Ratmana. (2) Mendeskripsikan faktor penyebab campur kode dalam kumpulan cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis karya SN. Ratmana. (3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan adalah kumpulan cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis karya SN. Ratmana. Wujud data dalam penelitian ini adalah Tuturan atau Dialog yang terdapat dalam kumpulan cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis karya SN. Ratmana. Objek penelitian ini adalah campur kode dalam kumpulan cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis karya SN. Ratmana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat.
Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah. Wujud campur kode yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis Karya SN. Ratmana ada tiga, yaitu (1) wujud campur kode Bahasa Indonesia dengan Bahasa Jawa, (2) wujud campur kode Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab, (3) wujud campur kode Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Faktor penyebab terjadinya campur kode yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Soetji Menulis di Balik Papan Tulis Karya SN. Ratmana ada enam, yaitu (1) menghormati lawan tutur, (2) kebutuhan kosakata, (3) mencari jalan termudah menyampaikan maksud, (4) menunjukan identitas, (5) mempertegas sesuatu, (6) menunjukan keakraban. Implikasi pada penelitian ini menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Memahami informasi melalui tuturan.
15135001300 | NOV c C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain