Skripsi
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : motivasi belajar, keaktifan siswa, kemandirian belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap kemandirian belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal secara parsial dan simultan.
Populasi dalam peneliian ini yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari populasi yaitu 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data mengguanakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 5,46 + 0,97X dan diketahui thitung = 5,36 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-32 dengan tingkat kesalahan 5% , thitung > ttabel yaitu 5,36 > 2,037, maka Ha_1 diterima dan H_0 ditolak. Kemudian diketahui ada pegaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 1,52 + 0,4X dan diketahui thitung = 7,04 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-32 dengan tingkat kesalahan 5% adalah, maka thitung > ttabel yaitu 7,04 > 2,037, maka Ha_2 diterima dan H_0 ditolak. Dan ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi linear ganda Y = 0,73 + 0,21 X_1 + 0,87 X_2 dan diketahui Fhitung = 24,981 dan Ftabel = 3,33 dengan signifikansi F sebesar 5%, maka Ha_3 diterima dan H_0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru untuk selalu membantu siswa dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam belajar untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif. Siswa harus lebih aktif dan mandiri mencari materi sendiri di perpustakaan untuk menambah wawasan yang luas tentang ekonomi yang bertujuan untuk meningktkan kemandirian belajar siswa.
13135000540 | MAO p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain