Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Pangkah Tahun Ajaran 2016/2017 )
Kata Kunci : Model pembelajaran Team Assisted Individualization, Minat dan Prestasi Belajar.
Siswa SMP Negeri 3 Pangkah khususnya kelas VIII sebagian menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menarik, sehingga banyak siswa yang kurang berminat terhadap pelajaran matematika, hal ini berdampak buruk bagi prestasi belajar matematika. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran TAI dengan model konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa. (2) mengetahui model pembelajaran TAI lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Pangkah 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas ujicoba. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa tes angket dan prestasi yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5 %. Teknik analisis data menggunakan analisis varian multivariat (Manova – One Way) dan uji t2-Hotelling .
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan model pembelajaran TAI dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika. (2) model pembelajaran TAI lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa.
17135000940 | SHO k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain