Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Tahun Pelajaran 2016/2017 )
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Tutor Sebaya, Keaktifan, Prestasi Belajar Matematika.
Kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran seperti model konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, peserta didik pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran menyebabkan prestasi beberapa peserta didik khususnya di SMP N 2 Kramat masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya dan model pembelajaran konvensional, 5) Model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal 2016/2017 yang terdiri atas 306 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan 34 peserta didik dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan 34 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, Analisis varian multivariate satu arah, dan dilanjutkan uji τ2-Hotelling.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 4) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya dan model pembelajaran konvensional, 5) Model pembelajaran PBL dengan bantuan tutor sebaya lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika.
17135000870 | PUT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain