Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK TRANSFORMASI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Jurusan MIA Semester Genap SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, GeoGebra, Kemampuan Berfikir Kreatif.
Penelitian ini bertujuan : (1)mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi GeoGebra, pembelajaran berbasis masalah tanpa berbantuan aplikasi dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.(2)mengetahui pembelajaran manakah yang lebih baik antara pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi GeoGebra, pembelajaran berbasis masalah tanpa berbantuan aplikasi dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas eksperimen 1, satu kelas sebagai kelas eksperimen 2, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berfikir kreatif dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji one way anova dan uji t pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi GeoGebra, pembelajaran berbasis masalah tanpa berbantuan aplikasi dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. (2)pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran pembelajaran berbasis masalah tanpa berbantuan aplikasi maupun model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.
17135000190 | ARD p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain