Skripsi
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel)
Kata Kunci : Efektifitas, model pembelajaran open-ended, pretasi belajar, kreativitas siswa.
Sebagian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Adiwerna memiliki prestasi belajar matematika di bawah KKM. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran open-ended dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning, (2) Prestasi belajar matematika siswa manakah yang paling efektif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) Prestasi belajar matematika siswa manakah yang paling efektif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Adiwerna tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 303. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan skala. Instrumen penelitian berupa skala dan tes prestasi dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak, uji t satu pihak kiri dan uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning, (2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended lebih efektif daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kreativitas rendah, (3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended lebih efektif atau sama dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kreativitas tinggi.
17135000140 | SHO e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain