Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Lingkaran)
Kata kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Pembelajaran, Keaktifan, Prestasi Belajar.
Sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Adiwerna mempunyai keaktifan dan prestasi belajar matematika yang rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika yang melibatkan peserta didik supaya lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Pembelajaran mencapai target, 2) Keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional, 4) Ada perbedaan Keaktifan dan Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional, 5) Keaktifan dan Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Adiwerna Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 5 kelas, yaitu 2 kelas eksperimen, 2 kelas kontrol dan 1 kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan dan tes yang telah teruji validitas , realibilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, Uji-t satu pihak kanan, Analisis varian multivariate satu arah, dan uji τ2-Hotelling. Dengan taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Prestasi belajar matematika peserta mencapai target, 2) Keaktifan dan Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Ada perbedaan Keaktifan dan Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional, 4) Keaktifan dan Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional.
17135000180 | ZAH k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain