Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Talang Tahun pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Bangun
Kata Kunci: Keefektifan, Contextual Teaching And Learning, Microsoft Power Point, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media powerpoint dan yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, 2) Apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media powerpoint lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar tinggi, 3) Apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media powerpoint lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 5 kelas, 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji RAK dan uji t pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran CTL berbantuan media powerpoint dengan model pembelajaran ekspositori 2) Pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media powerpoint lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar tinggi, 3) Pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media powerpoint lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar rendah.
17135000850 | ULU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain