Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017)
Kata kunci : Keefektifan, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Minat dan Prestasi Belajar Matematika
Siswa SMP Negeri 3 Brebes khususnya kelas VII sebagian menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menarik, sehingga banyak siswa yang kurang berminat terhadap pelajaran matematika hal ini berdampak buruk bagi prestasi belajar matematika. Selanjutnya dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL memenuhi KKM, siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika, ada perbedaan minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran konvensional, minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2016/2017. sebanyak 323 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Selanjutnya tes dan angket diuji cobakan pada kelas uji coba sehingga untuk tes diperoleh validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran, sedangkan untuk angket diperoleh validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji manova, dan uji τ^2-hotellink. sebelumnya normal dan homogen.
Hasil penelitian menyatakan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL memenuhi KKM. siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika. ada perbedaan minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran konvensional. minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
17135000960 | SAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain