Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 Materi Pokok Kubus dan Balok)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction, Sikap belajar, Prestasi belajar Matematika Peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keefektifan model Aptitude Treatment Interaction jika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap sikap belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017, keefektifan model Aptitude Treatment Interaction jika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017, keefektifan model Aptitude Treatment Interaction jika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap sikap dan prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII H dan VIII I sebagai kelas eksperimen, kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan nama peserta didik dan nilai awal matematika kelas VIII semester ganjil menggunakan dokumentasi dan teknik pengumpulan data sikap belajar dan prestasi belajar matematika menggunaklan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Analisis uji hipotesis menggunakan multivariate (One-way Manova).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction lebih efektif terhadap sikap belajar matematika peserta didik dari model pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017, model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dari model pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017, model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction lebih efektif terhadap sikap dan prestasi belajar matematika dari pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Wanasari tahun pelajaran 2016/2017.
17135000010 | SAP k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain