Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Talang pada Materi Pokok Lingkaran Tahun Pelajaran 2016/2017)
ROSALINA. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement
Division (STAD) dengan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Talang pada Materi Pokok Lingkaran Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd
Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd
Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran STAD, Alat Peraga, Prestasi Belajar Matematika, Kreativitas.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kreativitas. (2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kreativitas tinggi. (3) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kreativitas rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 4 kelas terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika dan tes uraian untuk mengukur tingkat kreativitas peserta didik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda dengan uji prasyarat analisis data adalah normalitas dan homogenitas.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kreativitas. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kreativitas tinggi. (3) Prestasi belajar matematika peserta didik kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kreativitas rendah.
17125000260 | ROS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain