Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMK Pelayaran Bahari Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Vektor
Sanwan, Riagung. 2017. 1714500081. ”Keefektifan Teknik Probing dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMK Pelayaran Bahari Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Vektor)”. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
PembimbingI Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II Drs. Ponohardjo, M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Teknik Probing, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pembelajaran dengan teknik probing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika, 2) Pembelajaran dengan teknik probing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik probing dan pembelajaran konvensional, 4) Pembelajaran dengan teknik probing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Semester Genap SMK Pelayaran Bahari Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas (152 peserta didik). Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI Teknika Kapal Niaga C (uji coba), kelas XI Nautika Kapal Niaga A dan Kelas XI Nautika Kapal Niaga B (eksperimen) serta Kelas XI Teknika Kapal Niaga A dan Kelas XI Teknika Kapal Niaga B (kontrol). Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan, analisis varians multivariat (One-Way Manova), dan uji τ2 – Hotelling dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Pembelajaran dengan menggunakan teknik probing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika, 2) Pembelajaran dengan menggunakan teknik probing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan menggunaan teknik probing dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, 4) Pembelajaran dengan menggunakan teknik probing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
17145000810 | SAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain