Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Lingkaran)
Hangnyalevi, Yusmaniar Sulis. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Lingkaran). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih., M.Pd.
Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Means-Ends Analysis, Keaktifan dan Prestasi Belajar.
Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya tingkat keaktifan peserta didik saat mengikuti KBM, sehingga berdampak pada prestasi belajar yang rendah. Maka dari itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran MEA. Adapun penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA mencapai target, 2) keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 3) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran Konvensional, 5) keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 249 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII C dan VIII D (eksperimen) kelas VIII E dan VIII H (kontrol) serta VIII F (uji coba). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, MANOVA dan τ2–Hotelling.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model MEA mencapai target, 2) keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model MEA lebih baik daripada model Konvensional, 3) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model MEA lebih baik daripada model Konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model MEA dengan model Konvensional, 5) keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model MEA lebih baik daripada model Konvensional.
17135000780 | HAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain