Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IX Semester II SMP Negeri 3 Kersana Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Tahun Pelajaran 2016/2017)
WIDIANTO, HIMAWAN. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Jigsaw Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IX Semester II Smp Negeri 3 Kersana Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Model pembelajaran Jigsaw, motivasi belajar, prestasi belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw memenuhi KKM. (2) mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dibanding dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori. (3) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori ditinjau dari motivasi belajar.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX semester genap SMP Negeri 3 Kersana tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 177 peserta didik. Uji prasarat menggunakan uji F untuk uji homogenitas, uji Lilifors untuk uji normalitas dan uji anova satu arah untuk uji kesetaraan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen sejumlah 70 peserta didik dan peserta didik kelas IX D dan kelas IX E sebagai kelas kontrol sejumlah 74 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kuisioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-tes, t-tes pooled varian dan uji t-tes satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw telah memenuhi KKM, (2) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dibanding dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori, (3) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori, (4) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori ditinjau dari motivasi tinggi, (5) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran eksipositori ditinjau dari motivasi rendah.
17135000250 | WID k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain