Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Eksperimen Pada Materi Pokok Lingkaran Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP NU Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 )
KURNIASIH, ISNA.2017. Keefektifan Model Pembelajaran Snowball Throwing Menggunakan Media Microsoft Power Point Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Materi Pokok Lingkaran pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP NU Hasyim Asy’Ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd
Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd
Kata kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Microsoft Power Point, Aktivitas, Prestasi Belajar Matematika.
Sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP NU Hasyim Asy’Ari Tarub Kabupaten Tegal mempunyai aktivitas dan prestasi belajar yang masih rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya variansi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar yang melibatkan peserta didik supaya lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing menggunakan microsotf power point . Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran snowball throwing telah mencapai target, (2) model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas, (3) model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (4) adanya perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point dengan model pembelajaran konvensional, (5) model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP NU Hasyim Asy’Ari Tarub Tahun Ajaran 2016/2017 terdiri atas 10 kelas sebanyak 344 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pillihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Teknik Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan uji τ^2- Hotelling.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran snowball throwing telah mencapai target, (2) model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar, (3) model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (4) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point dengan model pembelajaran konvensional, (5) model pembelajaran snowball throwing menggunakan microsotf power point lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.
17135001100 | KUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain