Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Kersana Tahun Pelajaran 2016/2017)
MA’MUN, SYUKRON. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Kersana Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd
Pembimbing II Prof. Dr. Tri Jaka Kartana M. Si.
Kata kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match yang nilainya lebih dari KKM melampaui 75%; (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Make A Match lebih baik daripada menggunakan model ekspositori; (3) mengetahui prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada menggunakan model ekspositori; (4) mengetahui apakah ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dibanding menggunakan model ekspositori; (5) mengetahui motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Make A Match lebih efektif daripada menggunakan model ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Kersana tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 211 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes dan angket. Tes dan angket diujicobakan pada kelas uji coba sehingga tes diperoleh validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda, sedangkan angket diperoleh validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji manova, dan uji τ^2-hotelling. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match lebih dari KKM melampaui 75%. Peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori terhadap motivasi maupun prestasi belajar matematika. Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang diajar model pembelajaran Make A Match dengan model pembelajaran ekspositori. Motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang diajar model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori.
17135000640 | MAM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain