Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3
AYU, MARTANDA ARIN. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.,
Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd
Kata Kunci : Keefektifan, Student Team Achievement Division, Quipper School,
Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui model pembelajaran yang manakah yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School dan model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar matematika. (2) mengetahui model pembelajaran yang manakah yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika. (3) mengetahui model pembelajaran yang manakah yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School dan model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes aktivitas dan prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji one way manova dan uji t pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar matematika (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika(3) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division Dengan Penugasan Menggunakan Quipper School lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika
17135000120 | AYU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain