Skripsi
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah Kramat Tahun Pelajaran 2016/2017)
AZKIYA, RIFDA . 2017. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Kooperatif Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah Kramat Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II M.Shaefur Rokhman, M.Si
Kata kunci : Eksperimentasi, Strategi Kooperatif Tutor Sebaya, Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Siswa.
Berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran Matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya variasi pengajaran yang dapat merangsang siswa dan melibatkan siswa untuk lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan strategi pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan antara strategi Kooperatif Tutor Sebaya dengan Strategi Konvensional terhadap hasil belajar matematika, (2) Membandingkan strategi Kooperatif Tutor Sebaya dengan Strategi Konvensional ditinjau dari kemandiriaan tinggi terhadap hasil belajar matematika, (3) Membandingkan strategi Kooperatif Tutor Sebaya dengan Strategi Konvensional ditinjau dari kemandiriaan rendah terhadap hasil belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Muhammadiyah Kramat tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Kooperatif Tutor Sebaya dan kemandirian siswa sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data meliputi tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupas tes dan angket. Tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal yang telah diuji validitas, reabilitas, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Kelompok dan uji Benferoni.
Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya dan strategi konvensional, siswa yang diajar Strategi pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya lebih baik daripada Strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian tinggi, siswa yang diajar Strategi pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya lebih baik daripada Strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian rendah.
17135000550 | AZK e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain