Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Materi Garis dan Sudut SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017)
PUSPITA, NURMA RIESKA. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining terhadap Kepercayaan Diri dan
Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Peserta
Didik Kelas VII Semester Genap Materi Garis dan Sudut
SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Pembimbing II : Drs. Paridjo, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Student Facilitator and Explaining, Kepercayaan
diri, Prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : 1) Kepercayaan diri belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran ekspositori; 2) Prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) Ada perbedaan kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; 4) Kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dibanding peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Brebes tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 280 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen, kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas uji coba yang berjumlah 120 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak (pihak kanan), uji Manova One-Way dan uji 2 - Hotteling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran ekspositori; 2) Prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) Ada perbedaan kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; 4) Kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dibanding peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.
17135000770 | PUS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain