Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Adiwerna pada Materi Pokok Lingkaran Tahun Pelajaran 2016/2017
Amalia Rizki, Putri 2017. “Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Adiwerna pada Materi Pokok Lingkaran Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si
Kata Kunci : Keefektifan, Metode Pembelajaran Resitasi, Minat, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi mencapai target 60%, (2) Mendeskripsikan ada perbedaan minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, (3) Mendeskripsikan minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih baik daripada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini ada 309 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang melibatkan 135 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar matematika yang telah teruji validitas dan reliabilitas dan tes prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, manova, dan uji τ^2-hotelling dengan taraf sigifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi mencapai target 60%, (2) Ada perbedaan minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, (3) Minat dan prestasi belajar matematika pada kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih baik daripada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori.
17135000440 | RIZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain