Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Materi Pokok Lingkaran Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/
FITROH, UMI AFIATUL. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Realistik terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Materi Pokok Lingkaran Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017).Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si, M.Pd.
Pembimbing II M.Saefur Rokhman, M.Si,.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Talking Stick dengan Pendekatan Realistik, Keaktifan dan Prestasi Belajar.
Keaktifan belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai KKM sehingga pemilihan model pembelajaran harus tepat salah satunya adalah model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik mencapai target, 2) keaktifan belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik dengan pembelajaran konvensional,5) keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 303 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII C sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B dan VIII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis varians multivariat satu arah dan τ^2-Hotteling.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik mencapai target, 2) keaktifan belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik dengan pembelajaran konvensional, 5) keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
17135000750 | FIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain