Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)
AULIYANA, ADHA ILMA. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.,
Pembimbing II Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si
Kata Kunci: keefektifan, model pembelajaran student teams achievement divisions, alat peraga, kemampuan awal siswa, prestasi belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengetahui ada tidaknya model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menggunakan alat peraga dengan model ekspositori terhadap prestasi belajar matematika; (2)untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan proses pembelajaran menggunakan model STAD dengan menggunakan alat peraga lebih efektif daripada model ekspositori; (3) untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah dengan proses pembelajaran menggunakan model ekspositori lebih efektif daripada model STAD dengan menggunakan alat peraga.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap MTs Negeri Margadana Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 315 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan soal tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji ANAVA dua arah, dan uji Benferoni yang telah memenuhi uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan menggunakan alat peraga dengan model ekspositori; (2)prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan proses pembelajaran menggunakan model STAD dengan menggunakan alat peraga lebih efektif daripada model ekspositori; (3) prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah dengan proses pembelajaran menggunakan model ekspositori tidak lebih efektif daripada model STAD dengan menggunakan alat peraga.
17135001160 | AUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain