Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Segiempat)
FAUZIYAH, SIFA. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write dan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Segiempat Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd.,
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh Sholikhakh, M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Think Talk Write, Think Pair Share, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran Think Pair Share memenuhi target, 2) Adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan peserta yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran ekspositori, 3) Adanya perbedaan prestasi belajar matematika pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan numerik, 4) Membandingkan manakah yang lebih efektif antara pembelajaran mengggunakan Think Talk Write dengan pembelajaran mengggunakan Think Pair Share dan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik purposing sampling kemudian dilanjut dengan cluster random sampling yang terdiri atas 4 kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, anava dua arah, RAK, dan Uji Benferoni dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tegal yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran Think Pair Share yang nilainya lebih dari 75 melampaui 75% dengan Zhitung:1,732, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran ekspositori Fhitung: 4,396, 3) Ada perbedaan prestasi belajar matematika pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan model pembelajaran Think Pair Share dan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan numerik dengan Fhitung:37,19, 4) Urutan model pembelajaran yang paling efektif adalah Think Talk Write, Think Pair Share dan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik.
17135000760 | FAU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain