Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas XI. MIA)
Kata Kunci: Bimbingan kelompok dan Rasa Percaya Diri.
Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat banyak peserta didik yang masih kurang mempunyai rasa percaya diri, seperti: kurang percaya pada kemampuan sendiri, kurang dapat mengambil keputusan, sikapnya kurang menerima diri apa adanya sehingga terlihat minder, dan kurang berani mengungkapkan pendapat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) rasa percaya diri peserta didik kelas XI. MIA SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) peran layanan bimbingan kelompok di SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 3) untuk mengetahui kondisi rasa percaya diri setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas terhadap XI MIA SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rasa percaya diri peserta didik pada siklus I baru mencapai 68,47% kurang dari 80%. Sedangkan rasa percaya diri peserta didik Siklus II mencapai 16 peserta didik tuntas (88,43%) dan 2 peserta didik belum tuntas (11,57%). Dengan demikian rasa percaya diri peserta didik pada siklus II telah mencapai 88% lebih dari yang diharapkan yaitu 80%; 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara umum sudah dilakukan sesuai rencana dan berjalan dengan baik dan lancar. Aktifitas peserta didik pada siklus I rata-rata 52,48% dan pada siklus II dapat ditingkatkan menjadi 86,16%; 3).
Terdapat peran layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri pada peserta didik XI. MIA SMA Al Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, terbukti data awal (pra siklus) 16 peserta didik belum tuntas (>75). Pada siklus I rasa percaya diri meningkat 8 peserta didik tuntas (68,47%) dan siklus II menjadi 16 peserta didik tuntas (88,43%). Peningkatan atau peran layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri peserta didik yaitu 88,47% - 68,43% = 19,96%.
Saran dari penulis diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadikan evaluasi guru pembimbing dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah peserta didik khususnya dalam hal peningkatan rasa percaya diri.
11135000650 | RAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain