Skripsi
PERAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL PESERTA DIDIK SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ( STUDI PTBK PADA KELAS XI AK 1 )
Kata Kunci : Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing, Perilaku Agresif Verbal.
Konseling kelompok dengan teknik role playing merupakan suatu layanan yang diberikan oleh konselor kepada kepada konseli dalam situasi kelompok yang dinamis dengan memanfaatkan dinamika kelompok dan anggota kelompok dapat memainkan peran seorang tokoh dengan tema perilaku agresif verbal guna memfasilitasi mengurangi perilaku agresif verbal dan membantu mengatasi masalah yang dihadapi anggota kelompok secara bersama-sama. Penelitian ini dirancang menggunakan PTBK dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI AK 1, dengan sampel 49 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat komponen pokok: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan sesuai dengan kesepakatan peneliti dengan guru BK dan dikatakan terentaskan masalahnya dengan nilai minimal 75%.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik role playing diperoleh rata-rata 63,75% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 82,50%. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator perilaku agresif verbal sekolah pada siklus I mencapai 72,92% dapat ditingkatkan menjadi 81,67% pada siklus II, tingkat perilaku agresif verbal pada siklus I diperoleh peserta didik terentaskan 33 peserta didik (68,75%) dapat ditingkatkan pada siklus II yaitu tingkat perilaku agresif verbal peserta didik terentasnya sebanyak 43 peserta didik (89,58%) melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%, sehingga konseling kelompok dengan teknik role playing dikatakan telah berhasil dan penelitian dihentikan. Dan hipotesis tindakan kerja (Ha) “terdapat peran konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengurangi perilaku agresif verbal peserta didik SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima. Hal ini terbukti dari tingkat perilaku agresif verbal peserta didik yang terentaskan sebanyak 33 peserta didik (68,75%) dapat tingkatkan pada siklus II menjadi 43 peserta didik yang terentaskan 89,58% melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Tingkat keterentasan perilaku agresif verbal peserta didik siklus I dan siklus II diperoleh selisih 34,07%.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait di sekolah perlu upaya keras dalam meningkatkan konseling kelompok dengan teknik role playing.
11135000810 | NOV p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain