Skripsi
PERAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENINGKATKAN MINATBELAJAR PESERTA DIDIK SMA MUHAMADIYAH KOTA TEGAL TAHUNPELAJARAN 2016/2017” (Studi PTBK pada Kelas X2)
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Pendekatan Behavioristik, Minat Belajar
Latar Belakang penelitian ini yaitu karena rendahnya minat belajar
peserta didik, tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui:1)tingkat
minat belajar sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan
behavioristik, 2) tingkat minat belajar sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok
berpendekatan behavioristik dan, 3) peran pelaksanaan bimbingan kelompok
dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X2 SMA Muhamadiyah
Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan tindakan dengan bimbingan dan konseling
(PTBK). Populasi sampel 25 peserta didik yang terdiri atas 2 kelompok yang
berjumlah 12 dan 13 anggota kelompok. Alat pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Penelitian tindakan ini ada dua siklus,
yang setiap siklus terdiri dari empat komponen pokok : (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setiap siklus ada dua kali
pertemuan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: 1) tingkat minat
belajar peserta didik sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan
behavioristik yang relevan dengan indikator minat belajar memperoleh nilai rata-
rata 44%, dengan demikian peserta didik masih kurang minat belajarnya. 2)
tingkat minat belajar sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan
behavioristik yang dilakukan 25 peserta didik mengalami perubahan dengan rata-
rata 65% pada siklus I namun belum tuntas dari kriteria indikator (≥75%) dan
dilanjut dengan siklus II yang mengalami peningkatan dengan rata-rata 83%
sudah mencapai kriteria indikator ketercapaian yang telah disepakati yaitu (≥80%)
3) peran bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik pada peserta didik.
Hal ini terbukti pada perubahan minat belajar peserta didik yang relevan secara
baik dari data yang diperoleh dari pra siklus 44%, siklus I 69% dan siklus II 83%.
Oleh karena itu, penulis menyarankan pihak sekolah terutama guru
bimbingan dan konseling dapat dijadikan evaluasi dan lebih meningkatkan minat
belajar peserta didik melalui pelaksanan bimbingan kelompok
11135001200 | PAM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain